RSS

Jumat, 26 Agustus 2011

مرحبا يا رمضان Marhaban Ya Ramadhan

Allah عز وجل telah mngistimewakan bulan Ramadhan dari bulan-bulan yang lainnya dengan berbagai keutamaan di dalamnya. Karena itu, sepatutnya kita sebagai umat Islam hendaknya beribadah dengan giat di bulan itu,dengan semakin taat dengan perintah-Nya dan menjauhi larangannya.

Di bulan tersebut Allah عز وجل memerintahkan kita untuk berpuasa satu bulan penuh sesuai dengan firman-Nya :

{183:يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ   عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ {سورة البقرةْ

"Wahai orang-orang yang beriman!Telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"{Al-Baqarah:183}

Di bulan itu juga didalamnya diturunkan Al-Quran, Lailatul Qadr yang dimana satu malamnya lebih baik daripada seribu bulan . 


Adapun orang yang berpuasa , sesunguhnya ia memperoleh dua kebahagiaan. Yaitu kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan menjumpai Rabb-nya.Selain itu,bau mulut orang yang berpuasa, di sisi Allahعز وجل baunya lebih wangi daripada wangi kasturi.
Selain berpuasa ,Seorang Muslim juga dianjurkan menghidupkan bulan Ramadhan dengan ibadah-ibadah yang lainnya,antara lain:

1.Shalat Tarawih
Rasulullahصل الله عليه وسلم bersabda :
"Barangsiapa menunaikan qiyamullail pada bulan Ramadhan,karena keimanan dan mengharapkan pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu."
(HR.al-Bukhari dan Muslim)

2.Bershadaqah
Rasulullahصل الله عليه وسلم merupakan orang yang sangat dermawan;dibulan ini,kebaikan dan kedermawanan beliau melebihi angin yang berhembus.
Sesuai dengan sabda Nabiصل الله عليه وسلم:
"Seutama-tama shadaqah adalah pada bulan Ramadhan."
(HR.at-Tirmidzi)

3.Banyak Membaca Al-Qur'an
Rasulullahصل الله عليه وسلم dan para sahabatnya seringkali menangis ketika membaca Al-Qur'an.

Rasulullahصل الله عليه وسلم sendiri si bulan Ramadhan diperdengarkan Al-Qur'an oleh
Malaikat Jibril عليه السلام ;sahabat 'Utsman bin'Affan رضي الله عنه mengkhatamkan Al-Qur'an setiap harinya di bulan Ramadhan,Sebagian salafusshalih mengkhatamkan Al-qur'an 3 malam sekali dalam shalat tarawih. Al-Imam Asy-Syafi'i mengkhatamkan Al-Qur'an 60 kali di luar dalam bulan Ramadhan.

4. Duduk Di masjid seusai Salat Fajr hingga Terbit Matahari
"Barangsiapa shalat fajr berjama'ah di masjid,kemudian tetap duduk berzikir mengingat Allah,hingga terbit matahari lalu shalat dua rakaat (Dhuha),maka seakan-akan ia mendapatkan phala haji dan umrah dengan sempurna,sempurna dan sempurna."
(HR.At-Tirmidzi,dishahihkan oleh Al-Albani)

5.Mencari Malam Lailatul Qadr
Inilah salah satu yang membedakan bulan Ramadhan dengan bulan yang lainnya,Lailatul Qadr,malam dimana lebih baik baik daripada satubulan.Di malam-malam ganjil di akhir Ramadhan dengan memperbanyak berdo'a:

اللهم انك ْعفو تحب العفو فاعْف عنيْْ
"Ya Allah,sesungguhnya Engkau Maha pengampun dan menyukai mengampuni maka ampunilah aku."
(HR.At-Tirmidzi)

6.I'tikaf di Masjid
Berdiam di Masjid dengan niat mendekatkan diri kepada Allahعز وجل
Diriwayatkan dalam suatu hadits shahih,Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم kalau sudah masuk 10 hari terakhir di bulan Ramdhan Nabi صل الله عليه وسلم mengencangkan kainnya dan membangunkan istri-istrinya dan menghidupkan malamnya dengan beribadah kepada Allah سبحانه وتعالى .

7.'Umrah di Bulan Ramadhan
عمرة في رمضان تعدل حجة
.وفي رواية ، حجة معي
"Umrah di bulan Ramadhan sama seperti ibadah haji."
dalam Riwayat lain,"sama seperti menunaikan haji bersamaku"
(HR.Al-Bukhari dan Muslim)

8.Memperbanyak Istighfar,Dzikir dan Do'a
Banyak do'a yang telah diajarkan oleh Rasulullah صل الله عليه وسلم di hadits yang shohih.

Dan banyak pula di Al-Qur'anulKarim do'a-do'a yang bisa kita gunakan untuk bermunajat kepada Allahسبحانه وتعالى untuk menghidupkan Ramadhan kita.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar