RSS

Selasa, 08 Februari 2011

SMP IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL

PROFIL SMP IHBS


Sampai dengan awal abad ke-21 pembangunan pendidikan masih menghadapi dampak krisis ekonomi dalam berbagai bidang kehidupan. Walaupun sejak tahun 2000 ekonomi Indonesia mulai tumbuh positif (4,8%) akibat krisis dalam kehidupan sosial dan budaya dihawatirkan masih akan memberi dampak yang kurang menguntungkan terutama untuk upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dalam keadaan krisis ini, sistem pendidikan dituntut untuk menyiapkan SDM yang bermutu, yaitu memiliki kemampuan bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Dalam era persaingan global saat ini SDM Indonesia harus menguasai keahlian yang akan terus berkembang dalam bidang ilmu, teknologi serta memiliki jiwa kewirausahaan.
Fenomena pergaulan remaja usia sekolah yang diwarnai dengan penyimpangan seksual, penggunaan narkoba dan kasus sosial lainnya merupakan realita yang terlahir dari kompleksitas kehidupan dan keresahan remaja sekolah. Peran orang tua, masyarakat, dan penyelenggara pendidikan dituntut untuk mampu mengantisispasi dan mengatasi fenomena ini. Kesadaran tersebut di atas kini sudah mulai disadari oleh sebagian masyarakat. Sehingga para orang tua tidak lagi mengejar pendidikan yang dapat mengantarkan anak-anaknya pada prestasi akademik dalam bidang ilmu dan teknologi saja, melainkan mereka berusaha mencari sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan secara terpadu yaitu  pendidikan dalam bidang ilmu-teknologi dan pembinaan mental spiritual dengan memperhatikan perkembangan minat bakat dan kepribadian anak.
Melihat fenomena-fenomena tersebut, maka menjadi tuntutan bagi kita untuk memberikan solusi yang tepat terhadap masalah tersebut, dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang dapat membimbing mereka ke dalam hidayah Islam dengan dasar yang benar yaitu Islam yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah yang shahih dengan pemahaman salafush shalih.
Alhamdulillah, di kota Jakarta dan sekitarnya saat ini sudah banyak sekolah dasar islam terpadu (SDIT), perkembangannya bagaikan jamur di musim hujan. SDIT sudah menjadi sebuah alternatif yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Namun sampai saat ini orang tua masih mengalami kesulitan mengenai kelanjutan sekolah putra-putrinya pada jenjang SMP dan SMU, keberadaannya masih jarang dan terkesan mahal, sehingga banyak diantara orang tua yang rela mengeluarkan biaya yang mahal dan harus berpisah jauh dengan anaknya di luar kota.
Sejalan dengan keadaan di atas maka Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Hajar dengan melibatkan  banyak unsur dari praktisi pendidikan dan profesional berusaha mewujudkan pendidikan tingkat lanjutan SMP yang dapat menjadi sebuah alternatif untuk menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Hal ini kami lakukan dalam rangka mempersiapkan SDM (generasi) yang berkualitas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kepribadian yang mantap, sehat jasmani dan rohani, taat beribadah, memiliki pemahaman agama yang lurus sebagaimana yang dipahami oleh generasi terdahulu (shahabat dan salafus shaleh).
Bersama para pendidik yang profesional dan amanah, kami mulai merencanakan pendidikan yang integral sejak tahun 2008. Dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat akan generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki pemahaman agama yang baik, kami berupaya menggabungkan kurikulum nasional dengan memusatkan pada science (MIPA), bahasa dan teknlogi informasi dan komunikasi. Melalui SMP Ibnu Hajar Boarding School inilah kami yakin untuk dapat memberi solusi terbaik.

VISI DAN MISI


VISI
”Membentuk Generasi Islam yang Cerdas, Terampil, dan Bertaqwa dengan Manhaj Salafusshalih”

MISI
  1. Menanamkan aqidah, ibadah, dan akhlak yang shahih bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah menurut pemahaman Salafusshalih.
  2. Menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan potensi dan kompetensinya  sehingga memiliki keterampilan hidup.
  3. Menerapkan sistem pendidikan menyeluruh, berkelanjutan, dan seimbang.
  4. Menjalin kerjasama dengan orangtua dalam evaluasi dan pengawasan pendidikan.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga, instansi, dan perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan potensi siswa.
  6. Menjadikan Ibnu Hajar Boarding School sebagai sekolah teladan dalam hal pengembangan sistim pendidikan yang integral bagi sekolah – sekolah lain.

TUJUAN
Mempersiapkan generasi islam yang:
  1. Memiliki kekuatan aqidah yang shahih, ibadah yang benar dan memiliki budi  pekerti yang luhur (akhlaqul karimah) berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sesuai pemahaman salafusshalih.
  2. Memiliki kemampuan menghafal Al Qur’an 3-5 Juz.
  3. Menguasai bahasa arab dan bahasa inggris serta mengaplikasikannya dalam komunikasi harian.
  4. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan perkembangan zaman.
  5. Mampu menguasai dasar-dasar teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Berprestasi dalam bidang akademis dan non akademis.
  7. Mampu beradaptasi secara positif di tengah masyarakat.
  8. Sukses menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.
     

    TENAGA PENDIDIK


    Tenaga pendidik SMP Ibnu Hajar Boarding School merupakan tenaga pendidik pilihan dengan pengalaman dan keterampilan yang memadai serta memiliki dedikasi yang tinggi untuk membina dan mendidik siswa-siswa SMP Ibnu Hajar Boarding School ke arah yang lebih baik sesuai dengan tuntunan syar’i.
    Tenaga pendidik SMP IHBS terdiri dari :
    S2             : 2 orang
    S1             : 8 orang
    LC             : 3 orang
    D3             : 1 orang
    Huffadz      : 2 orang

    FASILITAS


    Diantara fasilitas pendukung yang ada di SMP Ibnu Hajar Boarding School terdiri dari:
  9. Ruang Belajar
  10. Ruang Asrama full AC
  11. Laboratorium Komputer full AC
  12. Laboratorium SAINS full AC
  13. Ruang Perpustakaan full AC
  14. Gedung Pusat Administrasi
  15. Masjid dengan kapasitas 600 jama’ah
  16. Aula Makan
  17. Poliklinik
  18. Kantin
  19. Lapangan dan sarana Olahraga.Lihat selengkapnyahttp://smpihbs.sch.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar